HOME KURIKULUM PRAKERIN KEGIATAN LAIN-LAIN

Selasa, 01 Februari 2011

rpp menata produk smk

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Udanawu Blitar
Mata Pelajaran : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester : XI /1
Pertemuan ke ¬: 1 s.d 9
Alokasi Waktu : X 45 menit
Standar Kompetensi : Menata Produk
Kompetensi Dasar : Menginterpretasikan perencanaan visual penataan produk
Indikator : - Mengidentifikasi persyaratan disain penataan produk
- Menyebutkan sumber daya yang dibutuhkan dalam perencanaan penataan produk
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan
- Menjelaskan standar penataan produk perusahaan sesuai perencanaan.

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
• Mengidentifikasi tujuan penataan produk
• Memahami Arti penataan produk
• Menjelaskan bagian-bagian display
• Menguraikan syarat-syarat penataan produk
• Memahami komponen-kompenen pembentuk desain produk maupun elemen desain toko
• Mengidentifikasi jenis, spesifikasi, kualitas, sifat dan manfaat produk
• Mengelompokkan dan mengklasifikasikan produk
• Mengidenttifikasi warna dan merk suatu produk

II. Materi Pokok :
• Pengertian penataan produk (display) dan visual merchandising
• Konsep AIDA dalam tujuan penataan produk
• Bagian-bagian dan jenis-jenis penataan produk
• Syarat-syarat penataan produk 
• Desain produk dan desain toko
• Jenis, karakteristik, kualitas, sifat dan manfaat produk
• Pengelompokan dan pengklasifikasian produk
• Warna dan merk produk

III. Metode Pembelajaran :
• Penugasan
• Diskusi kelompok @ 5 orang
• Ceramah
• Presentasi
• JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE ¬1- 3
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
(2) Kegiatan Inti :
1. Pembagian kelompok
2. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
3. Peserta didik membaca tentang pengertian penataan produk(display), konsep AIDA dalam tujuan penataan produk serta bagian-bagian dan jenis-jenis penataan produk
4. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang pengertian penataan produk(display), konsep AIDA dalam tujuan penataan produk serta bagian-bagian dan jenis-jenis penataan produk
5. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang pengertian penataan produk(display), konsep AIDA dalam tujuan penataan produk serta bagian-bagian dan jenis-jenis penataan produk untuk dipresentasikan
6. Presentasi oleh masing-masing kelompok
7. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
8. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
9. Contoh-contoh pengertian penataan produk(display), konsep AIDA dalam tujuan penataan produk serta bagian-bagian dan jenis-jenis penataan produk untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
10. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Pengertian penataan produk (display) dan visual merchandising
2. Konsep AIDA dalam tujuan penataan produk
3. Bagian dan jenis penataan produk


(3) Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersamasama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

PERTEMUAN KE – 4 - 6
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang desain produk dan desain toko
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang desain produk dan desain toko
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang desain produk dan desain toko untuk dipresentasikan
5. Presentasi oleh masing-masing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Desain produk dan desain toko
(3) Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE – 7 - 9
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli, dan sanksi keterlambatan dalam perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang jenis, karakteristik, kualitas, sifat dan manfaat produk, pengelompokan dan pengklasifikasian produk serta warna dan merk produk
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik jenis, karakteristik, kualitas, sifat dan manfaat produk, pengelompokan dan pengklasifikasian produk serta warna dan merk produk
4. Guru bertindak sebagai pembimbing
5. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
6. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Jenis, karakteristik, kualitas, sifat dan manfaat produk
2. Pengelompokan dan pengklasifikasian produk
3. Warna dan merk produk
(3) Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang jenis, karakteristik, kualitas, sifat dan manfaat produk, pengelompokan dan pengklasifikasian produk serta warna dan merk produk .Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
1. Alat/Bahan : ¬
• Alat tulis
• Alat peraga
• ¬Dummy Produk
• Laptop dan LCD Proyektor
2. Sumber Belajar :
• ¬Modul Menata Produk karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
• ¬Internet dan CD Pembelajaran

VI. Penilaian :
1. Jenis test :
¬ Test lisan ( pre test )
¬ Test Perbuatan
¬ Test Tertulis
2. Bentuk test :
¬ Pilihan Ganda
¬ Uraian

Contoh test awal ( lisan )
a. Pernahkah anda mendengar istilah display dan tujua penataan produk ?
b. Minggu yang lalu anda telah mempelajari arti penataan produk dan jenis-jenis penataan produk, coba sebutkan!
c. Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu




Contoh test perbuatan (proses)
Buatlah format penggolongan dan pengklasifikasian produk!
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat pengelompokan dan pengklasifikasian produk barang.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No Nama Siswa Aspek Penilaian Kompeten Belum Kompeten
Keseuaian Materi Pengeta huan Ketram pilan Sikap Jumlah
1 AAAA 3 2 2 2 9 V
2 BBBB 2 1 1 1 5 V
3
4 Dst……..
Nilai Maksimal 4 2 2 2

Keterangan :
a. Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b. Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
Contoh 1.
1. AIDA merupakan konsep yang dipergunakan dalam
a. pengertian penataan produk
b. tujuan penataan produk
c. desain produk
d. desain toko
e. penggolongan produk
2. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian penataan produk menggunakan interior display!

Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal Nomor / Jumlah soal Bobot Nilai Jumlah
PG 1 - ¬25 2 50
Uraian 1 50 50
Jumlah 100



Mengetahui Blitar, Juli 2010
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar Guru Mata Pelajaran





Drs. HARTOYO, M.M. Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570101198203029 NIP. 197410072009011005


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP)

Nama Sekolah : SMK N 1 Udanawu
Mata Pelajaran : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester : XI /1
Pertemuan ke : 10 s/d 21
Alokasi Waktu : x 45 menit
Standar Kompetensi : Menata Produk
Kompetensi Dasar : Memonitor penataan atau display produk
a. Menata produk seuai perencanaan
Indikator : - Display produk dimonitor secara teratur untuk memastikan bahwa sesuai dengan perencanaan penataan produk
- Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk
- Menjelaskan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display

I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
- Mengindentifikasi sasaran desain toko
- Memahami dasar-dasar desain toko
- Mengidentifikasi dan merencanakan kebutuhan ruangan toko
- Merencanakan dan mengaplikasikan pembuatan tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display
- Merencanakan dan mengaplikasikan penggunaan teknik tata cahaya dalam display
- Merencanakan dan mengaplikasikan tipe-tipe pemajangan
- Merencanakan dan melakukan pemajangan menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan.
- Mengenali dan mengoperasikan peralatan-peralatan display

II. Materi Pokok :
- Sasaran desain toko
- Dasar-dasar desain toko
- Kebutuhan ruangan toko
- Tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display
- Teknik tata cahaya dalam display
- Tipe-tipe pemajangan
- Pemajangan (Display) menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan.
- Peralatan-peralatan display 

III. Metode Pembelajaran :
- Penugasan
- Ceramah
- Simulasi
- Demontrasi
- JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN KE ¬ 10 - 12
A. Kegiatan Awal
1. Salam , absensi dan penjelasan dan pre test.
2. Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
B. Kegiatan Inti
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang Sasaran desain took dan Dasar-dasar desain toko
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang Sasaran desain took dan Dasar-dasar desain took
4. Presentasi oleh masing-masing kelompok
5. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
6. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
7. Contoh-contoh desain toko untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
(1) Sasaran desain toko
(2) Dasar-dasar desain toko
C. Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru membuat kesimpulan Sasaran desain took dan Dasar-dasar desain toko
3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat contoh Sasaran desain took dan Dasar-dasar desain took


PERTEMUAN KE ¬ 13 - 15
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang Kebutuhan ruangan toko, Tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display dan Teknik tata cahaya dalam display
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang Kebutuhan ruangan toko, Tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display dan Teknik tata cahaya dalam display
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang Kebutuhan ruangan toko, Tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display dan Teknik tata cahaya dalam display
5. Presentasi oleh masing-masing kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
(1) Kebutuhan ruangan took
(2) Tata letak (lay out) toko sesuai dengan persyaratan display
(3) Teknik tata cahaya dalam display
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE ¬ 16 - 21
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang Tipe-tipe pemajangan, Pemajangan (Display) menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan dan Peralatan-peralatan display 
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat perencanaan dan mempraktekan Tipe-tipe pemajangan, Pemajangan (Display) menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan dan Peralatan-peralatan display, guru bertindak sebagai pembimbing
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
(1) Tipe-tipe pemajanga
(2) Pemajangan (Display) menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan
(3) Peralatan-peralatan display
C. Kegiatan Akhir:
Satu atau dua siswa menyimpulkan Tipe-tipe pemajangan, Pemajangan (Display) menurut kelompok barang, ukuran, bentuk, warna, desain dasar posisi penampilan produk dari produsen, harga barang dan menurut jenis peralatan yang digunakan dan Peralatan-peralatan display .
Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : ¬
- Alat tulis
- Alat peraga
- Dumy Produk
- Peralatan display
- Laptop dan LCD Proyektor
2. Sumber Belajar : ¬
- Modul Menata Produk karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
- CD Pembelajaran
- Internet

VI. Penilaian :
1. Jenis test :
- Test lisan ( pre test )
- Test Perbuatan
- Test Tertulis
2. Bentuk test :
- Pilihan Ganda
- Uraian


Contoh test awal ( lisan )
1. Pernahkah anda mendengar mengnai lay out sebuah toko?
2. Siapa yang bisa memberikan contoh tentang jenis /tipe pemajangan!

Contoh test perbuatan
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat dan menyusun daftar pelanggan.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
No Nama Siswa Aspek Penilaian Kompeten Belum Kompeten
Keseuaian Materi Pengeta huan Ketram pilan Sikap Jumlah
1 AAAA 3 2 2 2 9 V
2 BBBB 2 1 1 1 5 V
3
4 Dst……..
Nilai Maksimal 4 2 2 2
Keterangan :
a. Kesesuaian materi:
4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b. Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
1. Alat pajang yang bersusun secara utuh dan memiliki rak kanan dan kiri untuk open display disebut dengan....
a. Chiller
b. Etalase
c. Tier
d. Wagon
e. Hambalan
2. Buatlah ulasan mengenai penataan barang secara vertical serta sebutkan kebaikannya!
Penilaian
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/noninstruksional
3. Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay
Bobot penilaian / penskoran :

Jenis Soal Nomor / Jumlah soal Bobot Nilai Jumlah
PG 1 - ¬25 2 50
Uraian 1 50 50
Jumlah 100


Mengetahui Blitar, Juli 2010
Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar Guru Mata Pelajaran





Drs. HARTOYO, M.M. Rudy Setiawan, S.Pd.
NIP. 19570101198203029 NIP. 197410072009011005

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar