HOME KURIKULUM PRAKERIN KEGIATAN LAIN-LAIN

Rabu, 23 Februari 2011

soal unas produktif pemasaran


PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
SMK NEGERI 1 UDANAWU
Ds. Slemanan Kec. Udanawu Telp.(0342) 552030 Kode Pos 66154 Blitar
 

SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

 Hari, tanggal           : Sabtu, 12 Februari 2011
 Mata Diklat            : Produktif
 Program keahlian    : 3 (tiga)/Pemasaran
 Waktu                    : 120 Menit

1.      Dibawah ini adalah hal-hal yang kurang sopan saat berbicara ditelpon, kecuali…
         a.   berbicara dengan orang lain
         b.   berbicara sambil makan
         c.   bersuara berisik
d.   berbicara kurang baik atau kotor     
         e.   berbicara dengan jelas
2.      Tombol yang berfungsi untuk mengangkat telepon tanpa harus mengangkat handset adalah..
a.   FWD/DND
         b.   tombol auto aswer
         c.   tombol CO line
d.   tombol hold
         e.   tombol auto/ memori
3.      Jika nomor fax alamat yang telah dituju telah diprogram dalam mesin fax disebut :
a.   Keypad one touch key
         b.   Automatic one touch key
         c.   One touch key
d.   Tel mode touch key
         e.   Speed dial code
4.      Tombol – tombol yang terdapat pada mesin hitung saku adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.   Tombol ON
         b.   Tombol OFF
         c.   Tombol M-
d.   Tombol MRC
         e.   Tombol =
5.      Tombol local pada mesin telex digunakan untuk…..
a.   Mengeluarkan pita
         b.   Mengeluarkan kertas
         c.   Mengetik angka-angka
d.   Menghidupkan/mematikan mesin
         e.   Merekam pesan
6.      Tombol pada mesin telex yang digunakan untuk mengetik angka-angka disebut…..
a.   Answer back           
         b.   Who are you
         c.   Punch on/off
d.   Figure shift
         e.   Step back
7.      Jenis mesin cash register yang banyak digunakan di Minimarket, toko dan ditempat yang menjual fast food, cafeteria, apotik dll adalah jenis mesin cash register…...
a.   Otomatis     
         b.   Manual
         c.   Scanner
d.   Auotomatic
         e.   Manual aotomatic
8.      Berikut ini yang bukan kunci pada mesin cash register adalah…..
a.   Kunci OP    
         b.   Kunci SM
         c.   Kunci SN
d.   Kunci MA
         e.   Kunci master
9.      Transaksi pembayaran yang dilakukan secara non tunai adalah dengan menggunakan …..
a.   Kartu transaksi        
         b.   Kartu debit
         c.   Kartu kredit
d.   Card ATM
         e.   Card reader
10.    Kartu yang dananya berasal dari pemilik kartu itu sendiri disebut …..
a.  
Kartu transaksi
         b.   Kartu debit
         c.   Kartu kredit
d.   Card ATM
         e.   Card reader
11.    Pemindahan barang yang dijual dari seorang penjual kedalam kekuasaan pembeli adalah …..
         a.   Pemindahan                                    
         b.   Pengangkutan
         c.   Pembelian
         d.   Penyerahan
         e.   penawaran
12.    Kemasan yang efektif harus mencakup
         a.   Harga jual                                                                                                    
         b.   Aspek keamanan
         c.   Kualitas       
         d.   manfaat
         e.   Aspek pemasaran
13.    Perhatian utama dalam penyerahan produk antara lain sebagai berikut, kecuali ……………
         a.   Kemana barang harus dibayar
         b.   Kemana barang harus dikirim
         c.   Diambil pembeli atau diantar pihak penjual
         d.   Siapa yang menanggu ongkos kirim
         e.   Kapan barng akan dikirim
14.    Bungkus kaleodoskopik sangat menarik para konsumen karena menerangkan hal-hal seperti dibawah ini, kecuali
         a.   Meningkatkan prestise
         b.   Unsur-unsur yang sangat penting dari produk itu
         c.   Kegunaan produk tersebut
         d.   Bagaimana cara memakainya
         e.   Akibat sampingan dari produk itu
15.    arti etika adalah……….
         a.   suatu kebiasaan sehari-hari                                            
         b.   perilaku yang menyimpang    
         c.   prinsip aturan perilaku
         d.   prinsip
         e.   norma-norma
16.    Dibawah ini adalah perilaku kinetic. Kecuali……
         a.   tampilan pakaian                                                           
         b.   tampilan wajah                    
         c.   tampilan mulut
         d.   tampilan kepala
         e.   tampilan bahu dan tangan
17.    Strategi menang kalah (Win Lose Strategi).yaitu….
         a.   meminta tanpa menekan  
         b.   memberi tanpa desakan
         c.   strategi untuk memperoleh kemenangan
         d.  kemenangan semua
         e.   keselamatan anggota
18.    Merk merupakan salah satu pemahaman yang diperlukan dalam pengetahuan…..
         a.   produk                                                                           
         b.   label                                     
         c.   kadaluarsa
         d.   layanan
         e.   jual beli
19.    Pengelompokan pasar yang didasarkan atas daerah /wilayah adalah……
         a.   demografis segmentasi                                                  
         b.   geofrafis segmentasi           
         c.   area segmentasi
         d.   wilayah segmentasi
         e.   daerah segmentasi
20.    Perundingan untuk mencapai suatu tujuan dan kesepakatan disebut…….
         a.   subkontrak                                                                    
         b.   waralaba                              
         c.   negosiasi
         d.   wirausaha
         e.   musyawarah
21.    Salah satu bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep sikap adalah……
         a.   mendengarkan dan memahami secara sungguh – sungguh kebutuhan para pelanggan
         b.   mencatat setiap pesanan pembeli
         c.   melayani pelanggan dengan berfikiran positif, sehat dan logis
         d.   melayani pelanggan dengan cepat
         e.   mengamati dan menghargai perilaku pelanggan
22.    Salah satu cara agar penjual/karyawan dapat melakukan pelayanan yang baik adalah……
         a.   membuat kelompok – kelompok pegawai
         b.   memberikan hadiah bagi karyawan yang berprestasi
         c.   membiarkan karyawan bertindak sendiri – sendiri
         d.   mengkomunikasikan kepada semua karyawan tentang harga satu pelanggan bagi perusahaan
         e.   memperlakukan karyawan seperti raja
23.    Pelanggan dapat memesan barang/ jasa dengan menggunakan…….
         a.   surat perjanjian                                                              
         b.   surat pembelian                   
         c.   surat penawaran
         d.   surat penjualan
         e.   surat pesanan
24.    Pelayanan yang ramah adalah pelayanan yang……
         a.   menarik hati                                                                  
         b.   memuaskan pelanggan        
         c.   menjaga image perusahaan
         d.   sopan dengan tutur kata yang manis
         e.   meningkatkan omzet penjualan
25.    Berikut ini pelayanan prima berdasarkan tindakan, kecuali…..
         a.   pelayanan dengan mencatat kebutuhan pelanggan
         b.   menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
         c.   mewujudkan kebutuhan pelanggan
         d.   pelayanan dengan sikap menghargai
         e.   pelayanan dengan mencatat pesanan pelanggan
26.    Konsep AIDA dalam penataan produk (display) merupakan ….
         a.   tujuan display
         b.   pengertian display
         c.   bagian display
         d.   metode display
         e.   standar display
27.    Segala sesuatu yang meliputi cara berpikir, kebiasaan atau kecenderungan psikologis konsumen yang mempengaruhi perilaku mereka saat berbelanja dan berada di dalam toko disebut dengan…
         a.   logika konsumen
         b.   kebiasaan konsumen
         c.   tingkah laku konsumen
         d.   cara belanja konsumen
         e.   tujuan  konsumen    
28.    Sekumpulan atribut fisik yang nyata(tangibel dan tidak nyata(intangibel) didalamnya sudah tercakup warna, harga,kemasan prestive pabrik, dan pelayananyang mungkin diterima konsumen sehingga konsumen merasa puas disebut ….
         a.   produk
         b.   produk inti
         c.   produk berwujud
         e.   produk tambahan
         e.   produk normal
29.    Departemen GMS (General Merchandising) merupakan gabungan dari....
         a.   food dan non food
         b.   food dan house hold
         c.   non food, house hold dan toys
         d.   non food, toys dan stationary
         e.   house hold, toys dan stationary
30.    Keterangan mengenai harga barang  yang diletakan pada List rak (Shelving) Gondola disebut …
         a.   bar code
         b.   price card    
         c.   price labelling
         d.   POP
         e.   SKU
31.    Sesorang yang tidak melakukan kewajibanya dalam suatu perjanjian bukan karena suatu keadaan memaksa disebut dengan ..
         a.   wan somasi
         b.   wan prestasi
         c.   somasi
         d.   resiko
         e.   schuld hoftung
32.    Pernyataan kesepakatan dalam perjanjian merupakan bagian .....
         a.   pembuka
         b.   isi
         c.   penutup
         d.   penjelasan
         e.   lampiran
33.    Pengesahan perjanjian jual beli dapat dilakukan dengan ......
         a.   menandatangani
         b.   memberi cap perusahaan
         c.   memberi materai
         d.   menandatangani dan memberi cap perusahaan
         e.   menandatangani dan memberi materai
34.    Metode pencatatan hutang pelanggan yang diselenggarakan untuk setiap debitur dengan menggunakan kartu utang disebut dengan .....
         a.   account payable procedure
         b.   voucher payable procedure
         c.   debt payable procedure
         d.   notes payable procedure
         e.   allowance payable procedure
35.    Catatan costumer yang menjadi rekanan yang menjadi rekanan atau pemakai jasa/produk perusahaan disebut dengan.....
         a.   daftar pelanggan
         b.   daftar piutang
         c.   daftar hutang
         d.   daftar bad debt
         e.   daftar keuangan
36.    Fungsi dari rekening kloran adalah….
         a.   memindah bukukan sejumlah uang dari rekening ke rekening penerima
         b.   sebagai bukti penerimaan
         c.   pemberitahuan yang dikirim suatu perusahaan
         d.   sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas menurut perusahaan dan saldo kas menurut bank
         e.   semua jawaban benar
37.    Apabila barang yang diterima pembeli ternyata sebagian rusak, atau tidak sesuai pesanan, maka pembeli menyampaikan sebuah nota pada penjual yang disebut….
         a.   nota penjual                                                                   
         b.   nota piutang                        
         c.   nota kas
         d.   nota debet
         e.   nota kredit
38.    Nama lain dari invoice adalah…..
         a.   faktur                                                                            
         b.   nota kontan                         
         c.   nota kredit
         d.   nota debet
         e.   memo
39.    Suatu transaksi mempunyai keabsahan formil apabila……
         a.   dilakukan atas perintah pimpinan
         b.   dilakukan dengan pembayaran tunai
         c.   mendapat otoritas dari bagian keuangan perusahaan
         d.   dilakukan melalui prosedur yang telah ditetapkan perusahaan
         e.   didukung dengan bukti transaksi
40.    Biasanya bukti transaksi pada lembar ke -2 atau copy dijadikan…..
         a.   sumber pencatatan                                                        
         b.   dokumen pencatatan           
         c.   sumber dan dokumen pencatatan
         d.   pedoman pencatatan
         e.   dasar pencatatan








5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. soalnya model ktsp atau k.13 ? sedia kunci jawaban ngak?

    BalasHapus
  4. ▷ Play Roulette & Slots Online | LuckyClub
    Free Online Roulette and Slots from Lucky Club ➤ Lucky Club. luckyclub Live Roulette ✓ Live Casino Games ✓ Live Dealer Games ✓ Top Casinos.

    BalasHapus